Arti Yaumul Ba’ats dalam Ajaran Agama Islam

12 November 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

arti yaumul ba ats

Tidak akan ada manusia yang kekal di dunia, karena pada hari akhir nanti kita akan kembali kepada sang pencipta. Hal ini berlaku dari Nabi Adam hingga anak cucunya nanti, hingga Yaumul Ba’ats atau hari kebangkitan. Seperti apakah arti yaumul ba’ats dalam agama Islam? Mari kita mempelajari hal yang satu ini agar bisa semakin bertaqwa. Perhatikan berbagai macam informasi penting di bawah ini.

Arti Yaumul Ba’ats

Allah SWT akan membangkitkan setiap orang yang meninggal setelah kiamat berlangsung nantinya. Hari ini akan disebut sebagai Yaumul Ba’ats atau bisa kita artikan dalam bahasa Indonesia sebagai hari kebangkitan. Bukti akan hal ini akan bisa kita temukan di dalam Al-Quran.

Baca Juga: Arti Yaumul Mahsyar, Dalil, dan Penjelasannya

1. Surah Yasin ayat 51

وَنُفِخَ فِى ٱلصُّورِ فَإِذَا هُم مِّنَ ٱلْأَجْدَاثِ إِلَىٰ رَبِّهِمْ يَنسِلُونَ

“Lalu ditiuplah sangkakala (yang kedua kalinya), maka seketika itu mereka keluar dari kuburnya (dalam keadaan hidup), menuju kepada Tuhannya.” (QS. Yasin: 51)

2. Surat Al Zalzalah Ayat 6

يَوْمَئِذٍ يَصْدُرُ ٱلنَّاسُ أَشْتَاتًا لِّيُرَوْا۟ أَعْمَٰلَهُمْ

“Pada hari itu manusia keluar dari kuburnya dalam keadaan yang bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka.” (QS. Al Zalzalah: 6)

3. Surat Ar Rum Ayat 56

وَقَالَ ٱلَّذِينَ أُوتُواْ ٱلۡعِلۡمَ وَٱلۡإِيمَٰنَ لَقَدۡ لَبِثۡتُمۡ فِي كِتَٰبِ ٱللَّهِ إِلَىٰ يَوۡمِ ٱلۡبَعۡثِۖ فَهَٰذَا يَوۡمُ ٱلۡبَعۡثِ وَلَٰكِنَّكُمۡ كُنتُمۡ لَا تَعۡلَمُونَ

“Sungguh, kamu telah berdiam (dalam kubur) menurut ketetapan Allah, sampai hari berbangkit. Maka inilah hari berbangkit itu, tetapi kamu tidak mengetahuinya.” (QS. Ar Rum: 56)

Kembali pada pembahasan awal kita, untuk bisa lebih memahami arti dari Yaumul Ba’ats, maka ada baiknya kita mencoba memahami dari sisi pengertiannya. Secara bahasa maupun secara istilah syar’i.

Makna Secara Bahasa

Menurut Al-Azhari rahimahullah Ta’ala, kata البعث ‘Al-Ba’ts’ / Al Baats dalam bahasa Arab itu memiliki dua aspek makna.

Pertama, الْإِرْسَال yang berarti pengutusan. Sesuai dengan firman Allah Ta’ala,

 ثُمَّ بَعَثْنَا مِنْ بَعْدِهِمْ مُوسَى

“Kemudian kami utus Musa setelah mereka.” (QS. Al-A’raf: 103)

 makna بَعَثْنَا ba’atsnaa di sini adalah أرسلنَا arsalnaa, Kami telah utus.

Makna yang kedua adalah Allah menghidupkan kembali orang yang telah mati.

ثُمَّ بَعَثْنَاكُم مِنْ بَعْدِ مَوْتِكُمْ

“Kemudian kami bangkitkan kalian setelah kematian kalian..” (QS.Al-Baqarah: 56)

Maksud dari بَعَثْنَاكُم ba’atsnaakum adalah أحييناكم “kami hidupkan kalian.” Tahdzibul Lughah, Muhammad bin Ahmad bin Al-Azhari, (2/201-202)

Makna Secara Istilah

Al-Ba’ats secara istilah syar’i adalah Allah menghidupkan orang-orang yang telah meninggal dan mengeluarkan mereka dari kuburnya. Orang-orang ini kemudian akan menjalani proses hisab. Sayyid Sabiq rahimahullah mengatatakn, “Al-Ba’ats adalah pengembalian manusia secara ruh dan jasad sebagaimana di dunia.” (Al-‘Aqaid Al islamiyah, Sayyid Sabiq, hal. 269, Darul Kitab Al-A’rabi, Beirut.)

Dari sini, kita bisa mengerti jika Yaumul Ba’ats adalah hari dimana manusia akan kembali hidup untuk menjalani proses hisab peradilan, dan pemberian balasan atas perbuatannya selama ada di dunia.

Baca Juga: Apa Itu Yaumul Mizan, Hari Penimbangan Amal Manusia di Hari Kiamat

Hadits riwayat Muslim (2882) dari Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhuma

إِذَا أَرَادَ اللهُ بِقَوْمٍ عَذَابًا أَصَابَ اْلعَذَابَ مَنْ كَانَ فِيْهِمْ ثُمَّ بُعِثُوْا عَلَى أَعْمَالِهِمْ

“Apabila Allah berkehendak untuk mengazab suatu kaum, maka Allah timpakan azab kepada siapa saja yang ada didalamnya kemudian mereka dibangkitkan sesuai dengan amal mereka.”

Itulah pengertian mengenai Yaumul Ba’ats yang akan bisa membantu kita memahami hal tersebut. Semoga kita mendapatkan kelancaran pada hari akhir dan menjadi salah satu penghuni surga. Bila Anda membutuhkan taman pemakaman sesuai dengan syariat Islam, maka Taman Pemakaman Islam Al-Azhar Memorial Garden bisa menjadi pilihan Anda. Kunjungi website kami sekarang juga.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait