Memahami Arti Syafaat Nabi Muhammad SAW. Dan Golongan Orang Yang Menerimanya

7 February 2022 by no comments Posted in artikel

arti syafaat nabi

Syafaat nabi merupakan hal yang diharapkan oleh banyak umat Muslim di akhirat kelak, namun apa arti syafaat nabi tersebut?

Jika kita melihat artinya kata ‘syafaat’ dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, syafaat berarti adalah pertolongan yang, antara lain, diberikan oleh malaikat, para nabi, atau orang-orang mukmin pilihan atas izin Allah SWT. untuk meringankan azab atau beban seseorang di akhirat.

Pada artikel ini, kami akan membahas tentang apa itu arti syafaat nabi menurut Islam agar Anda lebih memahaminya dan semoga saja bisa mendapatkannya di akhirat kelak.

Apa Arti Syafaat Nabi?

Umat muslim berdoa dengan harapan syafaat Nabi Muhammad SAW. di akhirat kelak. Itu karena beliau adalah manusia pilihan yang memegang syafaat al-uzma atau syafaat yang agung dengan izin Allah SWT.

Namun, Nabi Muhammad SAW. sempat menyebut bahwa ia akan memberikan syafaat kepada umat yang tidak menyekutukan Allah SWT. hingga akhir hidupnya.

Dalam HR Muslim, Rasulullah SAW. pernah bersabda, “Setiap Nabi mempunyai doa yang mustajab, maka setiap Nabi doanya dikabulkan segera. Sedangkan saya menyimpan doaku untuk memberikan syafaat kepada umatku di hari kiamat. Syafaat itu insyaAllah diperoleh umatku yang meninggal tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apa pun.

Selain itu, Al-Quran surah Al-Anam ayat 51 membahas soal syafaat yang berbunyi, “Dan berilah peringatan dengan apa yang diwahyukan itu kepada orang-orang yang takut akan dihimpunkan kepada Tuhannya (pada hari kiamat), sedang bagi mereka tidak ada seorang pelindung dan pemberi syafa’at pun selain daripada Allah, agar mereka bertakwa.”

Syafaat benar-benar merupakan nikmat yang besar, sehingga hanya orang-orang yang diridhoi Allah saja yang berhak menerimanya.

Baca Juga: Syafaat Al Quran di Alam Kubur dan Akhirat

Siapa Saja Orang yang Bisa Mendapatkan Syafaat?

Anda pasti bertanya-tanya mengenai orang seperti apa sih yang bisa mendapatkan syafaat dari Allah SWT.? Nah, kami akan menjawab pertanyaan Anda.

Berikut adalah jenis orang-orang yang bisa mendapatkan syafaat dari Allah SWT. di akhirat kelak:

1. Pemimpin yang Adil

Islam sangat mengutamakan nilai keadilan. Ini juga merupakan prinsip yang harus dipatuhi oleh seorang pemimpin, karena ia akan bertanggung jawab atas rakyatnya dan negaranya, atau anggotanya dan organisasinya dalam contoh terkecil.

2. Pemuda yang Banyak Beribadah

Dunia ini penuh dengan godaan setan yang dapat membutakan hati dan pikiran hingga membuat manusia melalaikan ajaran Allah SWT. Oleh karena itu, bagi seorang pemuda yang selalu rajin beribadah kepada Allah SWT., ia berhak mendapat syafaat di akhirat kelak.

Baca Juga: Pengertian Amal Shaleh dan Penerapannya

3. Orang yang Hatinya Terikat dengan Masjid

Orang yang selalu ingin mensejahterakan tempat yang dicintai Allah ini akan mendapat perlindungan dari Allah SWT. Hal ini tertuang dalam Al-Quran surah At-Taubah ayat 18 yang berbunyi:

Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan sholat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.

4. Orang yang Saling Menyayangi Karena Allah SWT.

Umat Islam menjalin keakraban satu sama lain semata-mata karena Allah, bukan untuk mendapatkan keuntungan duniawi seperti jabatan, harta, dan keuntungan duniawi lainnya, berhak mendapat syafaat di akhirat kelak.

5. Orang yang Menolak Ketika Diajak Berzina

Akan ada pahala atau ganjaran bagi seseorang yang menolak ajakan berzina karena takut akan murka Allah SWT. Ini adalah ciri orang yang beriman dan berakhlak mulia. Maka dari itu, orang yang melakukan hal ini berhak mendapatkan syafaat di akhirat kelak.

Baca Juga: Apa Itu Hawa Nafsu? Bagaimana Cara Melawannya?

Semoga Anda adalah salah satu orang yang memiliki ciri-ciri seperti di atas agar Anda juga mendapatkan syafaat dari Allah SWT. di akhirat kelak.

Jika Anda sedang mencari pemakaman, Al Azhar Memorial Garden menyediakan kavling makam dengan berbagai ukuran dan pelayanan terbaik yang bisa Anda dapatkan. Klik di sini untuk mengetahui informasi selengkapnya. Semoga artikel arti syafaat nabi ini dapat membantu Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *
*

Related Story