Apakah Roh Orang Meninggal Bisa Melihat Kita? Simak Jawabannya Di Sini

29 December 2021 by no comments Posted in artikel

apakah roh orang meninggal bisa melihat kita

Jika Anda bertanya-tanya “Apakah roh orang meninggal bisa melihat kita?” Mari cari jawabannya bersama. Secara kasat mata, orang yang sudah meninggal memang tidak bisa bergerak, namun banyak yang mempercayai bahwa mereka yang sudah meninggal masih bisa mendengar apa yang terjadi di sekelilingnya.

Dalam agama Islam diajarkan bahwa orang yang sudah meninggal akan dibawa ke alam kubur atau alam barzakh, sebelum dibangkitkan kembali pada hari akhir atau hari kiamat.

Apa Itu Alam Barzakh?

Alam barzakh adalah perantara antara dunia, yang manusia tinggali sekarang, dan akhirat. Fenomena ini tidak bisa dibuktikan dengan panca indera manusia, teknologi, maupun ilmu sains.

Bagi umat muslim, alam barzakh akan selalu menjadi peringatan bahwa semua hal dan semua perbuatan yang kita lakukan di dunia pasti akan dipertanggungjawabkan di hadapan yang maha besar Allah Swt.

Maka dari itu, ketika masih hidup di dunia, umat muslim selalu diingatkan untuk membeli diri sebanyak-banyaknya agar bisa terhindar dari siksa kubur dan api neraka.

Baca Juga: 4 Amalan Penyelamat Siksa Kubur Yang Dapat Membantumu

Lantas, apakah roh dari orang yang sudah meninggal dapat melihat dan mendengar apa yang terjadi di sekitarnya? Mari simak ulasan selanjutnya untuk mencari tahu jawabannya.

Apakah Roh Orang Meninggal Bisa Melihat Kita?

Menurut buku Ziarah Ke Alam Barzakh yang ditulis oleh al-Imam Jalaluddin as-Suyuti, dijelaskan bahwa orang yang sudah meninggal tidak akan bisa melihat apa yang terjadi di dunia orang yang masih hidup karena sudah tinggal di alam yang berbeda.

Namun, dikatakan bahwa orang yang sudah meninggal tetap bisa mendengar dan merasakan doa yang dikirimkan untuknya oleh orang yang masih hidup.

Baca Juga: Apakah Orang yang Sudah Meninggal Bisa Mendengar Doa Kita?

Orang yang sudah meninggal masih bisa merasakan perasaan yang dialami keluarga, kerabat, dan orang-orang terdekat lainnya. Contohnya, jika orang yang disayanginya sedang merasa bahagia, maka orang yang sudah meninggal di alam kubur pun akan merasa bahagia.

Dalam sebuah hadis, Abu Said al-Khudri meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad saw. pernah membicarakan tentang bahasan ini, “Sesungguhnya mayat mengetahui orang yang memandikannya, membawanya, mengkafani nya, dan menurunkannya ke liang kuburnya.”

Jangan lupa untuk mendoakan orang terdekat kita yang telah tiada. Walaupun mereka sudah tidak bisa melihat kita, mereka tetap bisa mendengarkan doa-doa kita serta merasakan perasaan kita.

Apa Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal?

Berikut adalah bacaan doa untuk orang yang sudah meninggal:

Allaahummaghfirlahu warhamhu wa’aafihii wa’fu anhu wa akrim nuzu lahu wa wassi’ madkhalahu waghsilhu bilmaai wats-tsalji walbaradi wanaqqihi minal khathaayaa kamaa yunaqqats tsaubul abyadhu minaddanasi wa abdilhu daaran khairan min daarihi wa ahlan khairan min ahlihi wazaujan khairan min zaajihi wa adkhilhuljannata wa ‘aidzhu min ‘adzaabilqabri wafitnatihi wamin ‘adzaabinnaari.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskan lah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskan lah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta suami atau istri yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia kedalam surga, dan lindungilah dia dari siksa kubur serta fitnah nya, dan dari siksa api neraka.

Untuk Anda yang sudah ditinggalkan oleh orang tersayang, jangan terlalu bersedih menangisi kepergian orang tersayang yang sudah meninggal. Tetap lanjutkan hidup, berbuat baik, dan perbanyak amal agar orang yang Anda sayangi bisa tetap bahagia di alam kubur sana.

Baca Juga: Cara Mengirim Doa Yasin untuk Orang yang Sudah Meninggal

Pemakaman Muslim Al-Azhar Memorial Garden Karawang menyediakan taman pemakaman berdasarkan syariat Islam dan dikelola secara profesional. Kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *
*

Related Story