Apakah Mati Dibunuh itu Takdir?

29 December 2021 by no comments Posted in artikel

apakah mati dibunuh itu takdir

“Apakah mati dibunuh itu takdir?” Mungkin banyak yang menanyakan hal yang demikian. Kalau memang takdir, bukankah rasanya tidak adil bagi orang yang dibunuh tersebut? Berbicara soal takdir, dalam Islam terdapat dua jenis takdir yakni mubram (atau mutlak) dan takdir muallaq. Takdir mubram merupakan suatu ketentuan mutlak yang berasal dari Allah SWT. Hal ini berarti ketentuan tersebut tidak lagi dapat diganggu gugat oleh keinginan manusia. 

Contoh dari takdir mubram adalah kelahiran seorang manusia dari orang tua, dan kematian seseorang. Saat seorang manusia lahir, dia tidak dapat memilih orang tuanya sendiri. Hal ini berarti sudah menjadi ketentuan dari Allah SWT bahwa orang tersebut lahir dari orang tuanya. Selain itu mengenai kematian, setiap manusia pasti akan mengalami kematian. Hanya saja mereka tidak tahu kapan mereka akan meninggalkan dunia ini. Berbeda dengan mubram, takdir muallaq merupakan ketentuan dari Allah SWT yang dapat diubah oleh manusia dengan usaha serta respon yang mereka ambil dari setiap keputusan yang ada. 

Misalnya, mengenai kemiskinan. Ketika seorang manusia ditakdirkan menjadi miskin, ia masih bisa mengubah keadaannya dengan bekerja dan berusaha. Saat orang tersebut bekerja keras agar ia keluar dari kemiskinan, maka hidupnya berubah menjadi berkecukupan atau bahkan menjadi kaya. Hal ini berarti takdir kemiskinan tersebut dapat diubah asalkan ada usaha dan kemauan dari orang tersebut. Kembali kepada orang yang dibunuh, kejadian seperti ini termasuk pada takdir yang mana? Simak penjelasannya di bawah ini. 

Apakah Mati Dibunuh itu Takdir dalam Islam?

Hingga saat ini, tidak ada teori atau pun jawaban pasti mengenai apakah kasus seseorang dibunuh merupakan suatu takdir yang dimiliki oleh orang tersebut. Kalau kita lihat dari sisi korban, maka hal ini merupakan takdir dari orang tersebut. Dikatakan takdir karena orang tersebut tidak dapat melakukan cara apa pun untuk membuatnya tidak jadi dibunuh. Selain itu kalau sudah dibunuh, tentu orang tersebut tidak lagi dapat mengusahakan segala sesuatu agar dirinya hidup kembali. 

Ini berarti seseorang dibunuh merupakan takdir yang mutlak atau mubram. Namun apabila kita melihatnya dari sisi pelaku, tentu saja perbuatan yang dia lakukan merupakan takdir muallaq. Hal ini karena sebenarnya pelaku memiliki pilihan untuk tidak membunuh. Perlakuan membunuh merupakan tanggung jawab yang harus ditanggung oleh pelaku.

Pelaku bukan tidak memiliki pilihan untuk tidak membunuh, justru memang pelaku memilih pilihan untuk membunuh daripada menyelamatkan nyawa orang tersebut. Dalam hal ini, pelaku akan mendapatkan sanksi yang disebut dengan Qishash. Qishash merupakan sanksi yang diberikan untuk seseorang yang melakukan pembunuhan dengan sengaja. 

Sanksi ini merupakan sanksi yang diputuskan berdasarkan sengketa antara manusia dengan manusia (haq al-‘Ibâd). Sebagai contoh, keluarga korban akan menentukan apakah pelaku akan dimaafkan atau tidak. Jika pelaku dimaafkan, tentu tetap ada sanksi yang harus dibayar oleh pelaku kepada keluarga korban berdasarkan putusan pengadilan. Putusan pengadilan dilibatkan supaya keluarga korban tidak menggunakan kesempatan ini untuk memperkaya diri sendiri dengan memaksa pelaku untuk membayar denda yang sangat mahal. 

Demikian informasi mengenai apakah mati dibunuh itu takdir atau bukan. Memang jawaban mengenai pertanyaan tersebut merupakan hal yang tidak memiliki teori atau tulisan yang pasti dalam Al Qur’an. Namun jika dilihat dari ajaran Islam, hal ini merupakan takdir mubram bagi korban dan takdir muallaq bagi pelaku. 

Tentunya kita tidak mau hal ini terjadi kepada kita atau anggota keluarga kita, namun apabila hal ini terjadi kepada kita, lebih baik kita mempersiapkan semuanya seperti mempersiapkan kavling makam. Pemakaman Islam Al-Azhar Memorial Garden menyediakan kavling makam dengan berbagai ukuran dan pelayanan terbaik yang bisa Anda dapatkan. Hubungi kami segera!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *
*

Related Story