Apakah Kematian Seseorang Adalah Bagian dari Takdir?

14 Oktober 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

kematian seseorang adalah bagian dari takdir

Jika mendengar kata tadi, apa yang ada di pikiran Anda? Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), takdir memiliki arti ketetapan Tuhan; ketentuan Tuhan; nasib. Dari segi penjelasannya saja, sudah jelas takdir berhubungan dengan kuasa Tuhan di dalam menentukan jalan hidup setiap umat-Nya, termasuk kematian. Apakah kematian seseorang adalah bagian dari takdir?

Kematian memang menjadi suatu hal yang menjadi kepastian di dalam kehidupan kita sebagai manusia. Bahkan tidak ada hal yang pasti selain kematian. 

Kematian menjadi tahap akhir kehidupan manusia di dunia. Namun tidak berhenti di situ saja. Roh Anda yang sudah berpisah dengan tubuh akan menjalani kehidupan lainnya di alam barzah. Mari mengenal tentang takdir kematian seseorang di sini.

Mengenal Kematian Seseorang Adalah Bagian dari Takdir

Dari segi penjelasan tentang takdir, maka sudah jelas ketika dieratkan dengan kematian, itu semua adalah ketentuan Tuhan yang tidak mungkin kita ganggu gugat sebagai manusia biasa. Jalan hidup seperti itu sudah ditakdirkan sejak awal. Jadi kita hanya menunggu waktu untuk dipanggil dengan berbagai cara. 

Kematian memang selalu dikelilingi dengan kesedihan. Bahkan ketika kematian tersebut disebabkan oleh hal-hal seperti kecelakaan, menjadi tragedi tersendiri. Ketika berbicara mengenai soal kematian, ada berbagai cara yang bisa terjadi. Semua cara tersebut adalah kuasa Allah yang membawa pada kematian. Allah SWT telah berfirman: “Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Kemudian hanya kepada Kami kamu dikembalikan.” (QS al-‘Ankabut: 57).

Selain itu, Rasulullah SAW sudah menyampaikan hadis Qudsi yang berbunyi: “Wahai anak cucu Adam, kematian itu laksana pintu dan setiap manusia akan memasukinya.” Dari hadis ini, seluruh umat manusia akan merasakan kematian yang pasti. 

Baca juga: Meninggal Kecelakaan Apakah Takdir Dalam Sudut Pandang Islam?

Cara Kematian Seseorang

Setiap orang memiliki takdir cara kematian yang berbeda-beda. Ketika Anda ditinggalkan oleh orang tersayang, pasti rasanya sangat menyakitkan. Apapun cara kematiannya, pasti membawa rasa sakit yang sama. 

Inilah mengapa kata “tragis” tidak pernah bisa lebih dari kematian. Bahkan tidak dapat dimungkiri bahwa ada saja kematian yang malah disambut dengan gembira oleh orang lain. Sungguh sebuah respon yang menyedihkan dan tragis secara bersamaan.

Kematian menghampiri seluruh umat manusia tidak akan pernah bisa dihindari. Suatu saat Allah SWT berfirman: “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan” (QS al-Jumu’ah: 8).

Pada akhirnya, sebagai umat Islam, Anda harus mengimani takdir kematian dengan berbagai cara. Apapun itu caranya, semua sudah menjadi ketentuan dari Allah SWT: “Dan setiap umat mempunyai ajal (batas waktu). Apabila ajalnya tiba, mereka tidak dapat meminta penundaan atau percepatan sesaat pun (QS al-A’raf: 34).

Nilai nyawa setiap manusia memiliki nilai setara di dunia. Anda jangan sampai menjadikan hidup sebagai tugas untuk dijemput kematian saja. Sebaiknya tetap harus memperhatikan bagaimana gaya hidup Anda untuk terus semakin dekat dengan-Nya. Lakukan berbagai hal positif, seperti mengamalkan isi Al-Qur’an, selalu berdoa, beriman kepada Allah SWT.

Baca juga: 4 Amalan Penyelamat Siksa Kubur Yang Dapat Membantumu

Jadi itulah penjelasan tentang kematian seseorang adalah bagian dari tadi. Semoga kita selalu mendapatkan kematian yang husnul khotimah. Kematian yang tidak pernah bisa diprediksi membuat Anda membutuhkan bantuan kavling makam untuk mempersiapkan diri sejak dini. Al Azhar Memorial Garden telah menyediakan taman pemakaman berdasarkan syariat Islam dan dikelola secara profesional. Klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait