Apa yang Terjadi di Alam Barzakh?

10 February 2022 by no comments Posted in artikel

apa yang terjadi di alam barzakh

Setelah seorang manusia meninggal, mereka akan pergi ke alam yang berbeda dari alam di mana kita tinggal saat ini. Alam tersebut biasanya disebut juga alam barzakh atau alam kubur. Apakah Anda pernah bertanya-tanya apa yang terjadi di alam barzakh setelah seseorang meninggal? Apakah di alam tersebut keadaan menjadi damai dan penuh sukacita? Atau apakah terdapat penyiksaan kejam yang harus dilewati ruh seseorang? Untuk mengetahui informasi mengenai alam barzakh, Anda dapat membaca penjelasan di artikel ini hingga selesai. 

Sebenarnya Apa yang Terjadi di Alam Barzakh?

Alam barzakh bukan tempat peristirahatan selamanya bagi para ruh dari jenazah yang sudah meninggal. Alam barzakh hanya tempat sementara bagi ruh yang sudah meninggal, sebelum akhirnya mereka akan memasuki alam akhirat. Jika digambarkan sekilas, prosesnya adalah sebagai berikut. 

Seseorang meninggal – pemakaman – alam barzakh – alam akhirat. 

Dalam alam barzakh, ruh seseorang bisa mendapatkan nikmat kubur atau pun azab kubur. Hal ini akan sangat bergantung dari perilaku dan tindakan yang telah diperbuat oleh orang tersebut selama menjalankan hidup di dunia. Tentu saja apabila orang tersebut memiliki perilaku yang baik dan sangat saleh selama hidup, dia akan mendapatkan nikmat kubur, sebaliknya orang yang jahat dan banyak melakukan dosa selama hidup akan mendapatkan penyiksaan saat ia berada di alam barzakh. 

Baca Juga: 4 Amalan Penyelamat Siksa Kubur Yang Dapat Membantumu

Penyiksaan di alam kubur atau alam barzakh ini telah terbukti nyata dari Firman Allah mengenai Firaun dan pengikutnya yang ada di dalam Al-Quran yang berbunyi demikian. 

وَحَاقَ بِآلِ فِرْعَوْنَ سُوءُ الْعَذَابِ ﴿٤٥﴾ النَّارُ يُعْرَضُونَ عَلَيْهَا غُدُوًّا وَعَشِيًّا ۖ وَيَوْمَ تَقُومُ السَّاعَةُ أَدْخِلُوا آلَ فِرْعَوْنَ أَشَدَّ الْعَذَابِ 

“Fir’aun beserta kaumnya dikepung oleh azab yang amat buruk. Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya kiamat. (dikatakan kepada malaikat), “Masukkanlah Fir’aun dan kaumnya ke dalam adzab yang sangat keras”. [QS al-Mukmin : 45-46]

Meskipun belum berada di alam akhirat di mana surga dan neraka itu ada, siksa kubur yang ada di alam barzakh mencerminkan siksaan neraka abadi yang akan datang setelahnya. Siksa dalam kubur ini diakibatkan tindakan yang dilakukan seseorang seperti berkata-kata tidak pantas kepada orang lain untuk menghancurkan hubungan keduanya, tidak menutup diri saat buang hajat, berdusta, berzina, dan masih banyak lagi. Intinya, mereka yang melakukan perbuatan keji dan tidak sesuai dengan apa yang telah difirmankan Allah SWT melalui nabi-nabi, akan menghadapi azab kubur atau siksa kubur selama ia berada di alam barzakh. 

Baca Juga: Cara Menghapus Dosa Zina dengan 5 Amalan Berikut

Oleh karena itu selama kita masih memiliki kesempatan untuk hidup di dunia ini, ada baiknya kita mempersiapkan diri kita menghadapi kehidupan setelah kematian. Kita perlu bertobat dari kesalahan dan dosa yang telah kita lakukan. Masih ada kesempatan untuk kita menebus semua dosa yang telah dibuat dengan mengumpulkan pahala dan amal yang baik. Kita bisa melakukannya dengan memberi sedekah pada mereka yang tidak mampu, berbakti kepada orang tua kita, menunaikan kewajiban syariat, menyambung silaturahmi antara keluarga, kerabat dan tetangga kita, serta melakukan amal ibadah lainnya. 

Baca Juga: 10 Manfaat Sedekah yang Harus Diketahui

Selain mempersiapkan diri kita mengenai kehidupan setelah kematian, kita juga perlu mempersiapkan makam tempat peristirahatan bagi tubuh jasmani kita, agar tidak membebani keluarga yang akan kita tinggalkan. Anda bisa menemukan kavling makam dengan syariat Islam di Al-Azhar Memorial Garden. Dengan semua fasilitas yang lengkap, Anda dapat mempercayai perawatan makam secara berkala yang dilakukan dengan profesional. 

Untuk mengetahui informasi yang lebih lengkap mengenai kavling makam Al-Azhar Memorial Garden, Anda dapat klik di sini. Demikian penjelasan mengenai apa yang terjadi di alam barzakh, semoga dengan membaca artikel ini Anda jadi bisa lebih mempersiapkan diri akan kejadian yang datang di kemudian hari.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *
*

Related Story