Apa Pengertian Hari Akhir yang Termasuk Rukun Islam?

3 Desember 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

apa pengertian hari akhir

Hari akhir atau kiamat juga termasuk dalam rukun Islam yang harus diimani oleh umat Muslim. Ada yang berpikir bahwa kiamat itu seperti bencana besar, padahal kiamat pun bisa pula berupa bencana alam yang terjadi di suatu tempat. Sudah pahamkah Anda dengan apa pengertian hari akhir pada umumnya?

Memang sulit untuk memiliki dan mempertahankan iman akan adanya kiamat, terutama saat menikmati hidup di dunia ini. Sejatinya, bumi ciptaan Allah SWT ini tidak kekal dan pasti akan berakhir dalam hari kiamat. Manusia serta makhluk ciptaan lainnya akan dihakimi sesuai dengan perbuatan dan amalan yang telah dilakukan di hari kiamat ini.

Apa Pengertian Hari Akhir?

Hari akhir atau kiamat seringkali dibahas dalam beberapa ayat Al-Qur’an. Ada satu ayat yang bisa menegaskan akan datangnya hari tersebut, yaitu Surat Al-Hajj ayat 7.

وَّاَنَّ السَّاعَةَ اٰتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيْهَاۙ وَاَنَّ اللّٰهَ يَبْعَثُ مَنْ فِى الْقُبُوْرِ

Artinya: Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur.

Kiamat dalam Islam adalah puncak kehidupan yang ada di bumi ini. Peristiwa ini ditandai dengan hancurnya alam semesta beserta isinya. Manusia dan makhluk ciptaan Allah SWT lainnya pun hancur bersamaan dengan bumi dan tidak ada satupun yang bisa lolos dari hari akhir.

Baca Juga: 5 Hikmah Beriman Kepada Hari Kiamat

Disebut puncak, karena kiamat itu menjadi awal kehidupan sebenarnya yang akan dilalui oleh manusia secara kekal dan abadi. Pada hari kiamat, seluruh makhluk Allah SWT akan tinggal di akhirat abadi, tidak lagi di bumi yang fana. Surga dan neraka menjadi tempat tinggal mereka, tergantung pada nilai amalan dan perbuatan yang dilakukan semasa hidup.

Manusia yang beriman dan melakukan setiap perbuatan baik sesuai dengan perintah Allah SWT akan ditempatkan di surga. Surga digambarkan sebagai tempat yang indah dan penuh kebahagiaan. Mereka akan memiliki ganjaran berupa kenikmatan abadi, wajah pun berseri karena berhasil menjaga keimanan kepada Allah SWT semasa hidup.

Pun sebaliknya, neraka adalah tempat tinggal bagi manusia yang tidak beriman, kafir dan tidak melakukan banyak perbuatan baik semasa hidupnya. Mereka yang tidak bertaubat dan terus berbuat dosa pun akan masuk ke dalam golongan ini. Ganjarannya adalah siksa dan penderitaan abadi yang diterima di api neraka.

Apa Saja Dua Jenis Kiamat?

Tak bisa dipungkiri bahwa tanda-tanda kiamat selalu diiringi dengan kejadian alam yang dahsyat. Faktanya, Islam mengelompokkan kiamat menjadi dua jenis, yakni kiamat sugra dan kiamat kubra.

1. Kiamat Sugra

Merupakan jenis kiamat kecil dan kematiannya terjadi pada beberapa makhluk Allah SWT. Biasanya, kiamat sugra ini berupa bencana alam atau penyakit yang bisa menimbulkan banyak korban jiwa. Banjir, tsunami, longsor, kebakaran, kecelakaan adalah sejumlah contoh kiamat sugra. Suatu peristiwa bisa dikatakan kiamat sugra jika menyebabkan kematian pada banyak orang dalam satu waktu.

2. Kiamat Kubra

Ini merupakan jenis kiamat yang dipahami banyak orang pada umumnya. Kiamat kubra ini ditandai dengan hancurnya bumi serta isinya. Tanda-tanda kiamat kubra bisa diketahui dan dirasakan, bahkan banyak sekali penjelasannya dalam Al-Qur’an. Di sinilah semua manusia, baik yang hidup maupun mati, dikumpulkan di Padang Mahsyar untuk menerima ganjaran dari Allah SWT.

Baca Juga: Bagaimana Keadaan Manusia pada Hari Kiamat Nanti?

Jika ditanyakan apa pengertian hari akhir dalam Islam, Anda bisa menjawabnya dengan uraian di atas tanpa ragu. Jangan pernah takut terhadap datangnya kiamat, melainkan milikilah iman terhadap hari akhir dan tetaplah setia menjalankan amalan baik. Niscaya, surga pasti akan menjadi ganjaran bagi orang setia. Layaknya kiamat, kematian juga merupakan hal yang tidak diketahui pasti. Namun, Anda bisa mempersiapkannya dari sekarang, termasuk pemakaman berbasis syariat Islam di Al-Azhar Memorial Garden.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait