Apa Itu Yaumul Mizan, Hari Penimbangan Amal Manusia di Hari Kiamat

11 November 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

apa itu yaumul mizan

Tahukah Anda apa itu yaumul mizan? Yaumul mizan merupakan hari yang penting bagi semua manusia ketika nanti kita berpulang kembali ke dunia akhirat.

Anda tentunya percaya bahwa ada dunia akhirat yang menyambut kita ketika roh telah meninggalkan dunia ini, bukan? Namun, tentu saja Anda tahu bahwa tidak semua orang dapat memasuki pintu surga karena Allah akan melihat amal perbuatan baik selama manusia tersebut menjalani kehidupannya di dunia.

Melalui artikel ini, Al Azhar Memorial Garden akan memberikan informasi penting kepada Anda mengenai apa itu yaumul mizan serta informasi penting seputar perbedaanya dengan yaumul hisab yang masih jarang diketahui oleh orang.

Apa Itu Yaumul Mizan?

Yaumul mizan adalah hari penimbangan ketika manusia memasuki dunia akhirat. Penimbangan yang dimaksudkan di sini adalah Allah melihat siapa saja umat manusia-Nya yang menjalankan amal perbuatan baik selama masa hidup mereka di dunia.

Hari penimbangan ini juga tertulis pada Surah Al Anbiya ayat 47, yaitu:

وَنَضَعُ الْمَوَازِيْنَ الْقِسْطَ لِيَوْمِ الْقِيٰمَةِ فَلَا تُظْلَمُ نَفْسٌ شَيْـًٔاۗ وَاِنْ كَانَ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِّنْ خَرْدَلٍ اَتَيْنَا بِهَاۗ وَكَفٰى بِنَا حَاسِبِيْنَ

“Dan Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari Kiamat, maka tidak seorang pun dirugikan walau sedikit; sekalipun hanya seberat biji sawi, pasti Kami mendatangkannya (pahala). Dan cukuplah Kami yang membuat perhitungan. (QS. Al-Anbiya:47)”

Kemudian, ada juga pembahasan mengenai timbangan yaumul mizan yang ditulis melalui Surah Al Mu’minum yang berbunyi:

فَمَنْ ثَقُلَتْ مَوَازِيْنُهٗ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ

وَمَنْ خَفَّتْ مَوَازِيْنُهٗ فَاُولٰۤىِٕكَ الَّذِيْنَ خَسِرُوْٓا اَنْفُسَهُمْ فِيْ جَهَنَّمَ خٰلِدُوْنَ ۚ

تَلْفَحُ وُجُوْهَهُمُ النَّارُ وَهُمْ فِيْهَا كَالِحُوْنَ

“Barangsiapa berat timbangan (kebaikan)nya, maka mereka itulah orang-orang yang beruntung. Dan barang siapa ringan timbangan (kebaikan)nya, maka mereka itulah orang-orang yang merugikan dirinya sendiri, mereka kekal di dalam neraka Jahanam. Wajah mereka dibakar api neraka, dan mereka di neraka dalam keadaan muram dengan bibir yang cacat. (QS. Al-Mu’minum:102-104)”

Pada hari penimbangan ini, Allah akan menentukan apakah umat-Nya yang berada di dunia akhirat pantas untuk memasuki gerbang-Nya yang suci dan menjalani hidup kekal di surga. Oleh karena itu, sudah selayaknya kita mulai memperbanyak tabungan amal kebaikan agar kelak dapat diterima di surga.

Apa Perbedaan Yaumul Mizan dan Yaumul Hisab?

Tidak jarang orang yang berpikir bahwa yaumul mizan dan yaumul hisab merupakan 2 hal yang sama. Meskipun keduanya sama-sama melihat amal perbuatan baik manusia, namun ada sedikit perbedaan yang perlu Anda ketahui.

Yaumul mizan merupakan hari penimbangan amal perbuatan baik manusia dan yaumul hisab merupakan hari di mana seluruh amal perbuatan baik manusia akan diperhitungkan. Jadi, yang menjadi kata kunci dari perbedaan antara yaumul mizan dan yaumul hisab ini terletak pada ‘hari penimbangan’ dan ‘hari perhitungan’.

Jadi, itulah informasi yang dapat kami berikan mengenai apa itu yaumul mizan yang berarti hari penimbangan amal manusia di hari kiamat nanti. Amal perbuatan baik sekecil apapun akan dilihat oleh Allah dan Anda akan diberikan balasan yang setimpal saat berada di dunia akhirat nanti.

Sebagai informasi tambahan, jika Anda ingin mencari kavling pemakanan yang sesuai dengan aturan makam Islam, silakan hubungi kami sekarang juga. Al Azhar Memorial Garden menyediakan kavling makam yang sudah disesuaikan dengan peraturan yang dikeluarkan oleh MUI dan juga kami memiliki berbagai macam tipe kavling yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan Anda dan keluarga.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait