Apa Itu Maksiat dan Contoh Perbuatan Maksiat

27 Oktober 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

apa itu maksiat

Perbuatan maksiat memang sangat dekat dengan kehidupan umat manusia. Namun tentu saja sudah seharusnya perbuatan ini harus dihindari sedini mungkin. Sayangnya, masih banyak yang belum memahami apa itu maksiat secara benar. Selain itu mereka juga belum tahu contoh perbuatan yang berujung dosa ini. 

Sebagai umat Islam, Anda wajib mengetahui penjelasan tentang maksiat secara mendalam melalui informasi yang ada di bawah ini. Simak penjelasan selengkapnya!

Apa itu Maksiat

Maksiat merupakan lawan dari kata taat. Bisa disebut sebagai dosa atau pembangkangan, ketika manusia berbuat maksiat, artinya sudah menentang Allah SWT. Maksiat dapat terjadi karena manusia tidak kuat dalam menahan godaan dunia serta gagal menjauhi larangan dari Allah SWT. Inilah yang membuat manusia mudah diombang-ambing dari segi pikiran dan nafsunya. 

Maksiat terbagi dalam dua bagian, yaitu besar dan kecil. Perbuatan maksiat besar yang dilakukan tidak hanya dapat diancam hukuman di akhirat saja, tetapi juga di dunia. Selain itu dapat merusak jasmani dan rohani dari manusia itu sendiri. Sebaliknya, maksiat kecil adalah perbuatan buruk yang tidak terancam hukuman berat di dunia dan akhirat.

Baca Juga: Bacaan Doa Mohon Ampun dari Dosa Besar

Contoh Perbuatan Maksiat

Ada beberapa contoh perbuatan maksiat yang dapat memberikan dampak buruk besar di dunia dan akhirat. Anda dapat mengetahui contoh perbuatan ini agar tahu bagaimana menghindarinya. 

1. Mencuri

Mencuri merupakan salah satu perbuatan yang sangat dilarang. Islam sangat melarang tindakan mencuri dalam bentuk apapun karena memiliki dosa sangat besar. Bahkan walaupun hanya mengambil buah pohon rumah orang lain. 

Barang yang dicuri akan menjadi darah daging dan diturunkan kepada anak-anak kita. Mencuri juga dilarang di dunia karena dapat dikenakan hukuman pidana. 

2. Berzina

Berzina menjadi salah satu contoh perbuatan maksiat besar. Zina yang dilakukan bisa mendapatkan hukuman di dunia dan lebih besar di akhirat nanti. 

Di dunia, banyak akibat yang dapat dirasakan ketika melakukan zina. Dimulai dari kejadian hamil di luar nikah, aib yang terus terbawa sepanjang hidup, hingga menderita HIV/AIDS atau penyakit lainnya. 

Baca Juga: Cara Menghapus Dosa Zina dengan 5 Amalan Berikut

3. Durhaka

Orang tua yang telah melahirkan dan merawat kita sama sekali tidak boleh mendapatkan perlakuan tidak benar atau durhaka. Anak yang durhaka kepada orang tua akan mendapatkan azab berat.

Apalagi ketika orang tua sudah tersakiti hingga mengadu kepada Allah SWT. Menurut Rasulullah SAW, salah satu doa yang tidak mungkin tertolak adalah doa orang tua. Anak durhaka dapat mengalami kesialan dalam hidupnya sepanjang waktu, hingga sulit mendapatkan hidayah dari Allah SWT. Oleh karena itu, jangan sampai kita menyakiti hati orang tua.

Baca juga: Pengertian Taubat, Macam dan Dalil tentang Taubat

4. Fitnah

Kalimat “fitnah lebih kejam daripada pembunuhan” memang benar adanya. Sakit yang dirasakan dari fitnah dapat berlangsung seumur hidup. Orang yang suka memfitnah bisa merasakan balasan. Di dunia, orang seperti itu akan diturunkan derajatnya hingga ke dasar kehinaan.

Sebagai manusia, hiduplah sebagai orang jujur dan jangan mau mengadudombakan orang lain agar terhindar dari perbuatan ini.

5. Serakah

Orang serakah, khususnya kepada warisan yang ditinggalkan orang tua termasuk sebagai perbuatan maksiat. Orang seperti ini akan ditutup pintu rezekinya. Dia akan terus mengalami kerugian walaupun berbagai cara sudah dilakukan.

Selain itu uangnya akan habis tanpa alasan yang jelas hingga hidupnya menjadi melarat. Tentu saja Anda tidak mau hal itu terjadi, bukan? Itulah mengapa jauhkan diri dari sifat serakah dalam hal apapun.

Jadi itulah penjelasan apa itu maksiat dan contoh perbuatannya. Selain menghindari perbuatan maksiat dalam hidup, pasti disadari bahwa kematian yang sudah pasti didapatkan manusia membuat Anda harus mempersiapkan kavling makam untuk mempersiapkannya. Taman Pemakaman Islam Al Azhar Memorial Garden telah menyediakan taman pemakaman berdasarkan syariat Islam dan dikelola secara profesional.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait