Apa Itu Hawa Nafsu? Bagaimana Cara Melawannya?

4 February 2022 by no comments Posted in artikel

apa itu hawa nafsu

Apa itu hawa nafsu? Hawa nafsu adalah perasaan atau kekuatan emosional yang besar dalam diri manusia yang berhubungan langsung dengan pikiran atau fantasi seseorang. Kekuatan emosional ini terkadang membawa kita kepada hal-hal yang tergolong tercela, maka dari itu kita harus mengetahui cara menahan kekuatan emosional tersebut.

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan mengenai apa itu hawa nafsu dan bagaimana cara menahan kekuatan emosional ini agar Anda terhindar dari hal-hal tercela.

Apa Itu Hawa Nafsu?

Dalam bukunya, Ibnu Qoyyim Al-Jauziyah rahimahullah menjelaskan bahwa hawa nafsu diciptakan pada manusia untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Sebab, jika tidak ada nafsu terhadap makan, minum, dan perkawinan, manusia akan mati dan punah.

Nafsu mendorong orang untuk mencapai apa yang mereka inginkan, sementara kemarahan mencegah mereka dari hal-hal yang mengganggu mereka dalam hidup mereka. Maka tidak pantas jika kekuatan emosional ini dianggap hal yang tercela atau terpuji secara mutlak tanpa terkecuali, layaknya kemarahan.

Pada mulanya kekuatan emosional ini adalah kecenderungan jiwa seseorang terhadap sesuatu yang disukainya. Kemudian, jika kekuatan emosional ini condong terhadap sesuatu yang sesuai dengan syariat, maka kekuatan emosional tersebut terpuji. Sebaliknya, jika kekuatan emosional tersebut lebih cenderung kepada sesuatu yang bertentangan dengan syariat, maka itu tercela.

Bagaimana Cara Melawan Hawa Nafsu Menurut Al’Quran?

Hawa nafsu ada banyak jenisnya, dan terkadang kita harus melawannya agar terhindar dari dosa dan mendapatkan pahala. Oleh karena itu, kita harus tahu cara melawan kekuatan emosional ini seperti yang dijelaskan dalam Al-Quran surah Al-Jasiyah ayat 23 yang berbunyi,

Maka pernahkah kamu melihat orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai tuhannya dan Allah membiarkannya sesat dengan sepengetahuan-Nya, dan Allah telah mengunci pendengaran dan hatinya serta meletakkan tutup atas penglihatannya? Maka siapa yang mampu memberinya petunjuk setelah Allah (membiarkannya sesat?) Mengapa kamu tidak mengambil pelajaran?

Untuk melawan kekuatan emosional ini, Syekh Ali Jaber menjelaskan tentang seseorang yang terbangun di malam hari dan harus memilih antara shalat malam atau melanjutkan tidurnya kembali.

“Karena yang membuat kita bisa bangun dan shalat malam adalah yang bisa mengendalikan dan melawan kekuatan emosional kita. Nafsu yang dimaksud adalah ingin tidur,” kata Syekh Ali Jaber.

Al-Quran surah Al-Araf ayat 200 menjelaskan bahwa setiap muslim untuk meminta pertolongan kepada Allah SWT. dijauhkan dari kekuatan emosional ini yang dapat membawa kepada keburukan.

Dan jika kamu ditimpa sesuatu godaan syaitan maka berlindunglah kepada Allah.

Baca Juga: Doa Dijauhkan dari Musibah dan Masalah

Ketika kekuatan emosional ini mulai mengendalikan Anda, maka hendaknya memperbanyak doa dan istighfar agar terhindar dari hawa nafsu yang dapat menjerumuskan seseorang ke dalam keburukan. Dalam salah satu HR Tirmidzi, Rasulullah SAW. pernah menjelaskan tentang doa untuk mengendalikan kekuatan emosional ini yang berbunyi, “Allahumma inni a’udzu bika min munkarootil akhlaaqi wal a’maali wal ahwaa

Artinya, “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari akhlak, amal, dan hawa nafsu yang jelek.”

“Salah satu amalan yang dapat membuat kita dicintai oleh Allah SWT. adalah harus bisa mengendalikan dan melawan hawa nafsu,” tutup Syekh Ali Jaber.

Baca Juga: Cara Menghapus Dosa Zina dengan 5 Amalan Berikut

Semoga Anda bisa selalu terhindar dari hawa nafsu yang tercela. Jika kekuatan emosional Anda mulai mengambil alih, segera ikuti cara melawannya yang sudah dijelaskan di atas.

Jika Anda sedang mencari pemakaman, Al Azhar Memorial Garden menyediakan kavling makam dengan berbagai ukuran dan pelayanan terbaik yang bisa Anda dapatkan. Klik di sini untuk mengetahui informasi selengkapnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *
*

Related Story