Amalkan Doa Minta Husnul Khotimah Ajaran Nabi Ini

29 September 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

doa minta husnul khotimah

Wafat dengan husnul khotimah merupakan impian bagi umat Muslim yang taat pada-Nya. Husnul khotimah berarti akhir yang baik, di mana orang yang meninggal mendapatkan ridho yang banyak dari Allah SWT. Kondisi kematian yang ditakdirkan oleh Allah SWT masih berupa misteri, tapi kita bisa mengamalkan doa minta husnul khotimah kepada-Nya.

Biasanya, bacaan doa husnul khotimah ini sering diucapkan oleh orang yang mendengar kabar duka. Misalnya, ketika mendengar berita si fulan meninggal, ucapan yang sering terucap dari mulut adalah: “Innalillahi wa innailaihi rojiun. Turut berduka cita, semoga almarhum husnul khotimah dan ditempatkan di tempat terbaik di sisi Allah SWT.”

Bacaan Doa Minta Husnul Khotimah Ajaran Para Nabi

Doa minta husnul khotimah memang diucapkan oleh orang yang masih hidup kepada almarhum yang baru saja menghembuskan nafas terakhirnya. Selama masih diberikan kesempatan beribadah kepada Allah SWT, tak ada salahnya menghafalkan doa husnul khotimah ini untuk kita sendiri. Lagipula, para nabi dalam Islam, termasuk Rasulullah SAW, sering kali membacakan doa ini sehingga mereka kelak meninggal dalam keadaan husnul khotimah.

Baca juga: Apa Arti Husnul Khotimah? Dan Cara Agar Meninggal Husnul Khotimah

Berikut ini adalah beberapa doa minta husnul khotimah yang pernah dibacakan oleh para nabi beserta artinya, yaitu:

1. Al-Quran Surat Ali Imran: 193

Ayat 193 dalam Surat Ali Imran berisi doa husnul khotimah yang bisa kita amalkan. Bunyinya adalah:

رَّبَّنَآ إِنَّنَا سَمِعْنَا مُنَادِيًا يُنَادِى لِلْإِيمَٰنِ أَنْ ءَامِنُوا۟ بِرَبِّكُمْ فَـَٔامَنَّا ۚ رَبَّنَا فَٱغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَكَفِّرْ عَنَّا سَيِّـَٔاتِنَا وَتَوَفَّنَا مَعَ ٱلْأَبْرَارِ

Rabbanā innanā sami’nā munādiyay yunādī lil-īmāni an āminụ bi rabbikum fa āmannā rabbanā fagfir lanā żunụbanā wa kaffir ‘annā sayyi`ātinā wa tawaffanā ma’al-abrār

Arti doa tersebut adalah: “Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami mendengar (seruan) yang menyeru kepada iman, (yaitu): ‘Berimanlah kamu kepada Tuhanmu’, maka kami pun beriman. Ya Tuhan kami, ampunilah bagi kami dosa-dosa kami dan hapuskanlah dari kami kesalahan-kesalahan kami, dan wafatkanlah kami beserta orang-orang yang banyak berbakti.”

2. Al-Quran Surat Yusuf: 101

Ada juga bacaan doa agar wafat husnul khotimah yang dibacakan oleh Nabi Yusuf AS. Melalui suratnya di ayat 101, Nabi Yusuf mengucapkan doa ini:

رَبِّ قَدْ ءَاتَيْتَنِى مِنَ ٱلْمُلْكِ وَعَلَّمْتَنِى مِن تَأْوِيلِ ٱلْأَحَادِيثِ ۚ فَاطِرَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ أَنتَ وَلِىِّۦ فِى ٱلدُّنْيَا وَٱلْءَاخِرَةِ ۖ تَوَفَّنِى مُسْلِمًا وَأَلْحِقْنِى بِٱلصَّٰلِحِينَ

Rabbi qad ātaitanī minal-mulki wa ‘allamtanī min ta`wīlil-aḥādīṡ, fāṭiras-samāwāti wal-arḍ, anta waliyyī fid-dun-yā wal-ākhirah, tawaffanī muslimaw wa al-ḥiqnī biṣ-ṣāliḥīn

Artinya: “Ya Tuhanku, sesungguhnya Engkau telah menganugerahkan kepadaku sebahagian kerajaan dan telah mengajarkan kepadaku sebahagian ta’bir mimpi. (Ya Tuhan) Pencipta langit dan bumi. Engkaulah Pelindungku di dunia dan di akhirat, wafatkanlah aku dalam keadaan Islam dan gabungkanlah aku dengan orang-orang yang saleh.”

Baca juga: Husnul Khotimah atau Khusnul Khotimah? Apa Perbedaannya?

3. Al-Quran Surat Nuh: 28

Nabi Nuh juga pernah berdoa agar dia bisa meninggal dalam keadaan husnul khotimah. Dalam Surat Nuh ayat 28, inilah bunyi doa minta husnul khotimah:

رَّبِّ ٱغْفِرْ لِى وَلِوَٰلِدَىَّ وَلِمَن دَخَلَ بَيْتِىَ مُؤْمِنًا وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَٱلْمُؤْمِنَٰتِ وَلَا تَزِدِ ٱلظَّٰلِمِينَ إِلَّا تَبَارًۢا

Rabbigfir lī wa liwālidayya wa liman dakhala baitiya mu`minaw wa lil-mu`minīna wal-mu`mināt, wa lā tazidiẓ-ẓālimīna illā tabārā

Artinya: “Ya Tuhanku! Ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kebinasaan.

4. Doa Seusai Sholat Lima Waktu

Selain ajaran para nabi, kita bisa membacakan doa ini setelah melakukan sholat lima waktu agar bisa meninggal dalam keadaan husnul khotimah.

اَللّهُمَّ اخْتِمْ لَنَا بِاْلاِسْلاَمِ وَاخْتِمْ لَنَا بِاْلاِيْمَانِ وَاخْتِمْ لَنَا بِحُسْنِ الْخَاتِمَةِ

Allahummakhtim lanaa bil Islaami wakhtim lanaa bil Iimaani wakhtim lanaa bi husnil Khootimati

Artinya: “Ya Allah, akhirilah hidup kami dengan Islam, akhirilah hidup kami dengan membawa iman dan akhirilah hidup kami dengan husnul khotimah.”Doa minta husnul khotimah bagi diri sendiri bisa menjadi persiapan saat ajal menjemput. Namun, perlengkapi juga amalan Anda dengan bacaan sholawat dan Al-Quran, kelak itulah yang bisa menemani saat di alam kubur. Selain itu, tempat peristirahatan terakhir juga bisa dipersiapkan sedini mungkin di Taman Pemakaman Al Azhar Memorial Garden, karena kematian itu mendadak dan tidak ada yang tahu kapan datangnya. Keluarga Anda pun tak akan direpotkan dengan urusan kuburan yang memakan waktu. Hubungi kami di 0811-170-0037.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait