Lakukan 5 Amalan yang Menemani di Alam Kubur Ini

28 September 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

amalan yang menemani di alam kubur

Manusia tidak membawa apapun saat meninggal dunia, kecuali perbuatan iman dan amalan yang telah dilakukan selama hidup. Meskipun kadang dianggap sepele saat menjalani kehidupan, amalan menjadi harta yang berharga setelah kita meninggal. Ada baiknya manusia melakukan lima amalan yang menemani di alam kubur selama dikasih kesempatan untuk hidup.

Alam kubur atau alam barzakh pun belum menjadi perhentian terakhir manusia ketika meninggal. Meskipun bukan garis akhir, bukan berarti manusia bisa menyepelekan alam kubur. Justru di sinilah segala perbuatan dan amalan kita dipertanggungjawabkan, karena akan bergantung pada nasib kita di alam kubur.

Daftar Amalan yang Menemani di Alam Kubur

Allah SWT pun memberikan ganjaran sesuai dengan amalan dan perbuatan yang kita lakukan semasa hidup. Apabila seseorang rajin melakukan amalan serta perbuatan baik, Allah SWT akan memberikannya istirahat yang tenang. Alam kubur pun akan diterangi apabila hamba-Nya taat pada perintah.

Sebaliknya, Allah SWT akan menghukum setiap hamba yang melanggar perintah-Nya, termasuk mereka yang tidak beriman pada-Nya. Dia akan memberikan siksa kubur bagi para pelanggar tersebut. Semua ganjaran tersebut didapatkan sesuai dengan amalan yang telah dilakukan selama kita hidup.

Karena itu, kita harus melakukan lima amalan yang menemani di alam kubur ini selagi masih diberikan kesempatan untuk hidup oleh Allah SWT.

1. Melakukan Sholat Lima Waktu

Sholat seringkali diabaikan oleh manusia selama hidupnya lantaran berbagai alasan, terutama kesibukan. Padahal, sholat merupakan amalan yang pertama kali dihisab saat di akhirat. Bila seorang Muslim rajin sholat dan menaati perintah-Nya, kelak alam kubur-Nya akan diterangi oleh Allah SWT.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ ، قَالَ : قاَلَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ العَبْدُ يَوْمَ القِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلاَتُهُ ، فَإنْ صَلُحَتْ ، فَقَدْ أفْلَحَ وأَنْجَحَ ، وَإنْ فَسَدَتْ ، فَقَدْ خَابَ وَخَسِرَ ، فَإِنِ انْتَقَصَ مِنْ فَرِيضَتِهِ شَيْءٌ ، قَالَ الرَّبُ عَزَّ وَجَلَّ اُنْظُرُوا هَلْ لِعَبْدِي مِنْ تَطَوُّعٍ ، فَيُكَمَّلُ مِنْهَا مَا انْتَقَصَ مِنَ الفَرِيضَةِ ؟ ثُمَّ تَكُونُ سَائِرُ أعْمَالِهِ عَلَى هَذَا. رَوَاهُ التِّرمِذِيُّ.

Artinya: “Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab pada seorang hamba pada hari kiamat adalah shalatnya. Maka, jika shalatnya baik, sungguh ia telah beruntung dan berhasil. Dan jika shalatnya rusak, sungguh ia telah gagal dan rugi. Jika berkurang sedikit dari shalat wajibnya, maka Allah Ta’ala berfirman, ‘Lihatlah apakah hamba-Ku memiliki shalat sunnah.’ Maka disempurnakanlah apa yang kurang dari shalat wajibnya. Kemudian begitu pula dengan seluruh amalnya.” (Hadits HR. Tirmidzi)

Baca juga: Seperti Apa Kehidupan di Alam Kubur?

2. Membaca Al-Quran dengan Rajin

Al-Quran merupakan kitab suci umat Muslim yang sangat mulia. Kita pun bisa mendapatkan syafaat saat di akhirat bila rajin membaca kitab suci ini. Alam kubur pun diterangi apabila kita rajin membaca dan mengamalkan Al-Quran sepanjang hidup.

اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لِأَصْحَابِهِ

Bacalah Alquran kerana sesungguhnya di hari kiamat nanti ia akan menjadi syafaat kepada orang-orang yang mengikutinya (Hadits HR. Muslim).

3. Memiliki Iman kepada Allah SWT

Iman juga menjadi salah satu amalan yang menemani di alam kubur, bahkan menjadi penyelamat dari siksa kubur. Alasannya, iman adalah hal yang paling utama dalam beragama. Muslim yang baik hendaknya memiliki iman kepada Allah SWT, dengan cara menjalankan setiap perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya.

Baca juga: Umat Muslim Wajib Tahu 6 Pertanyaan di Alam Kubur Ini!

4. Membaca Surat Al Mulk

Rajin membaca Surat Al-Mulk setiap malam bisa menjadi amalan yang menemani di alam kubur. Riwayat An-Nasai menyebutkan bahwa orang yang rajin membaca tabarakalladzi biyadihil mulku (Surat Al-Mulk) akan dijauhkan dari azab kubur. Surat ini bisa dibaca oleh umat Muslim setiap malam sebelum tidur.

Baca juga: 4 Amalan Penyelamat Siksa Kubur Yang Dapat Membantumu

5. Memanjatkan Doa dengan Rajin

Amalan terakhir yang bisa menyelamatkan orang dari siksa kubur adalah menaikkan doa kepada Allah SWT. Agar kita bisa selamat dari siksa kubur nantinya, panjatkanlah doa ini:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذَ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ ومن عذاب النار،  وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا الْمَمَاتِ وَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَالِ 

Bacaannya: Allohumma inni a’udzu bika mina ‘adzabil qabri wa min ‘adzabin nari wa min fitnatil mahya wal mamati wa min fitnatil masihid dajjal.

Artinya: Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari siksa kubur dan siksa api neraka, dan fitnah mereka yang hidup dan fitnah mereka yang mati, serta fitnah Masih dan Dajjal.
Jadi, apakah Anda mau melakukan lima amalan yang menemani di alam kubur ini? Selain melengkapi amalan, Anda juga bisa menyiapkan tempat peristirahatan terakhir sekarang juga di Taman Pemakaman Islam Al Azhar Memorial Garden Karawang.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait