7 Amalan Masuk Surga Tanpa Dihisab Yang Bisa Anda Lakukan

10 November 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

amalan masuk surga tanpa dihisab

Ruh orang meninggal harus dihisab dulu saat di alam kubur sebelum datangnya akhirat, dan itu sudah menjadi kewajiban. Namun, ada pula amalan masuk surga tanpa dihisab dulu selama di alam kubur. Umat Muslim mana yang tidak menginginkan kemudahan masuk surga tanpa melalui hisab?

Saat manusia meninggal dan dimakamkan, ruh mereka akan langsung ditanya oleh malaikat Munkar dan Nakir di alam kubur. Mereka akan mempertanyakan tentang keimanan kita. Jawaban yang kita berikan pada mereka pun dinilai bersamaan dengan segala amalan yang telah dilakukan selama hidup.

Beberapa Amalan Masuk Surga Tanpa Dihisab yang Bisa Dikerjakan

Muslim yang taat dan penuh takwa niscaya akan mendapat surga sebagai balasannya. Sebelum memasukinya, amalan tiap orang akan dihisab dulu berdasarkan perbuatan mereka selama hidup di dunia. Mereka yang telah beroleh kenikmatan dan istirahat yang cukup bisa menempati surga-Nya. Berbeda dengan orang yang Allah SWT murkai, mereka ini akan mendiami neraka.

Hadits Abu Bakar RA. pun menjelaskan bahwa ada pula umat Muslim yang bisa menempati surga langsung tanpa dihisab dulu. Biasanya, mereka ini melakukan beberapa amalan tertentu selama hidupnya. Hendaknya Muslim yang menginginkan kenikmatan ini pun harus melakukan tujuh amalan tanpa hisab di bawah ini.

Baca Juga: Lakukan 5 Amalan yang Menemani di Alam Kubur Ini

1. Selalu Mengingat Allah SWT

Anda dapat melakukan amalan ini dengan cara berdzikir di waktu luang maupun sempit. Mengucapkan dzikir merupakan salah satu amalan abadi yang tidak merugikan umat Muslim, begitulah yang tertulis di buku Al-Baqiyatus Shalihat karangan Abdur Rauf Az-Zawawi.

2. Mengerjakan Sholat Tepat Waktu

Allah SWT sangat mencintai amalan satu ini, jadi menunaikannya tepat waktu akan membebaskan kita dari hisab sebelum masuk surga. Hadits Bukhari dan Muslim mencatat bahwa Allah SWT mencintai tiga amalan, yaitu:

Aku pernah bertanya kepada Nabi Muhammad SAW, ‘Amal apa yang paling dicintai Allah Ta’ala? ‘Beliau Rasulullah SAW: “Sholat pada waktunya.’Lalu apa lagi’, tanyaku. Beliau pun menjawab: ‘Berbakti kepada kedua orang tua.’ Kemudian apa lagi,’tanyaku lebih lanjut. Maka beliau menjawab: “Jihad di Jalan Allah.

3. Meringankan Beban Orang Lain

Membantu orang dalam kesusahan, memberikan sedekah, dan apapun yang bisa meringankan beban orang lain bisa menjadi amalan masuk surga tanpa dihisab. Kalau kita meringankan beban orang lain, Allah SWT juga akan meringankan beban kita di dunia dan akhirat.

Hal ini tertulis pula dalam hadits HR Muslim, yaitu: “Barangsiapa yang membantu seorang muslim (dalam) suatu kesusahan di dunia maka Allah akan menolongnya dalam kesusahan pada hari kiamat, dan barangsiapa yang meringankan (beban) seorang muslim yang sedang kesulitan maka Allah akan meringankan (bebannya) di dunia dan akhirat.

4. Meninggal dalam Keadaan Bertaubat

Hadits HR Bukhari mengatakan bahwa amalan manusia itu hanya berdasarkan penutupnya. Artinya kita harus meninggal dalam keadaan Islam. Cara menjaganya adalah dengan menaikkan doa agar kita pun meninggal dalam keadaan bertaubat, meskipun waktunya masih misteri.

Selain itu, bertaubat dari seluruh dosa, termasuk pula dosa syirik, bid’ah dan maksiat. Lebih baik pula jika selama hidup kita senantiasa jauh dari syirik yang besar maupun kecil serta beribadah dengan sungguh-sungguh.

Baca Juga: Pengertian Taubat, Macam dan Dalil tentang Taubat

5. Mengucapkan Syahadat saat Meninggal

Ucapan syahadat, yaitu ‘asyhadu anna muhammadar rasulullah’ bisa mengandung tuntunan kepada kita sehingga jauh dari dosa maksiat dan bid’ah. Begitupun ucapan ‘laa ilaaha illallah’ yang mengandung tuntunan pelaksanaan tauhid dan bisa menjauhkan kita dari dosa syirik.

6. Sabar Ketika Diuji Penyakit Berat

Muslim yang sabar ketika terkena penyakit berat juga merupakan golongan orang yang bisa masuk surga tanpa hisab. Bila Anda atau anggota keluarga terdekat sedang mengalami penyakit berat, ajaklah mereka untuk bersabar dan berdzikir, niscaya surga menjadi jaminan bagi mereka.

7. Penganut Muslim di Masa Rasulullah SAW

Jaminan masuk surga tanpa hisab juga ada pada penganut Muslim pertama kali semasa Rasulullah SAW masih hidup. Semasa hidupnya, Rasulullah SAW pernah mendapat rahmat Allah bahwa pengikutnya akan masuk surga tanpa hisab. Sabda Rasulullah tersebut disampaikan oleh Abu Bakar dalam hadits HR Ahmad, yaitu

Aku dianugerahi Allah 70.000 orang dari umatku masuk surga tanpa hisab. Wajah mereka nampak seperti bulan pada malam purnama. Hati mereka semuanya sama. Lalu, aku memohon tambahan kepada Allah dan Allah menambahkan untukku setiap satu orang menjadi 70.000 orang.

Usahakanlah untuk melakukan tujuh amalan masuk surga tanpa dihisab selama di bumi ini. Sambil melakukan amalan, persiapkan juga lahan makam sesuai syariah Islam sebagai tempat peristirahatan terakhir Anda di Al-Azhar Memorial Garden. Hubungi tim kami segera untuk informasi lebih lanjut mengenai pemesanan makam ini.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait