Penjelasan Singkat Mengenai Alam Kubur atau Alam Barzah

28 September 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

alam kubur

Bagi setiap orang yang di dunia, pasti akan menemui yang namanya kematian. Setelah meninggal dunia, bukan berarti kita hanya akan berhenti di sana. Kita harus menunggu datangnya hari akhir atau kiamat yang akan mengakhiri seluruh kehidupan di dunia. Bagi yang sudah meninggal akan menunggu datangnya hari ini di alam kubur atau alam barzah. Untuk bisa memahami hal yang satu ini marilah kita lihat penjelasan singkat berikut ini.

Mengenal Alam Kubur

Alam kubur atau alam barzah adalah tempat bagi kita untuk menunggu datangnya hari kiamat. Barzah memiliki arti penghalang atau pemisah antara dua hal. Secara istilah adalah sebuah jarak pemisah antara akhir kehidupan di dunia hingga mulainya kehidupan ukhrawi (akhirat). Di dalam Al-Qur’an, penjelasan tentang alam barzah dapat ditemukan melalui surah Al-Mukminun ayat 99-100. 

حَتَّىٰ إِذَا جَاءَ أَحَدَهُمُ الْمَوْتُ قَالَ رَبِّ ارْجِعُونِ

لَعَلِّي أَعْمَلُ صَالِحًا فِيمَا تَرَكْتُ ۚ كَلَّا ۚ إِنَّهَا كَلِمَةٌ هُوَ قَائِلُهَا ۖ وَمِنْ وَرَائِهِمْ بَرْزَخٌ إِلَىٰ يَوْمِ يُبْعَثُونَ

“(Demikianlah keadaan orang-orang kafir itu), hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, dia berkata: “Ya Tuhanku kembalikanlah aku (ke dunia), agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkannya saja. Dan di hadapan mereka ada dinding sampai hari mereka dibangkitkan,”.  (Q.S. Al-Mukminun: 99-100).

Di alam kubur ini, seluruh manusia dari zaman nabi Adam hingga di masa sekarang yang telah meninggal akan berkumpul. Bersama-sama menantikan akhirat.

Baca juga: Hikmah Kematian

Bekal di Alam Kubur

Setiap manusia yang telah meninggal tidak dapat membawa gelar, jabatan, bahkan harta yang selama hidup telah mereka kumpulkan. Satu-satunya yang bisa dibawa sebagai bekal yang dapat menyelamatkan kita hanyalah amalan ibadah dan perbuatan baik selama hidup di dunia.

Terkait perhitungan amal baik dan buruk, Allah SWT telah menjelaskannya dalam ayat berikut ini:

فَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُۥ

‘’Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.’’ (QS Al-Zalzalah: 7) .

وَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُۥ

“Barangsiapa yang mengerjakan keburukan seberat dzarrah, niscaya akan melihat (balasan)nya pula’’ (QS Al-Zalzalah: 8)

Ibnu Umar berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Jika seorang telah meninggal, maka akan ditampakkan padanya tempatnya pada pagi hari dan pada sorenya.”

Baca juga: 4 Amalan Penyelamat Siksa Kubur Yang Dapat Membantumu

Bila melakukan banyak amalan dan perbuatan yang baik, maka manusia yang telah meninggal akan bisa melihat kenikmatan yang ada di akhirat. Sedangkan untuk manusia yang berdosa, hanya ada siksaan yang akan mereka rasakan. Bila hari kiamat tiba, seluruh manusia akan dibangkitkan kembali.

ٱلنَّارُ يُعْرَضُونَ عَلَيْهَا غُدُوًّا وَعَشِيًّا ۖ وَيَوْمَ تَقُومُ ٱلسَّاعَةُ أَدْخِلُوٓا۟ ءَالَ فِرْعَوْنَ أَشَدَّ ٱلْعَذَابِ

“Kepada mereka diperlihatkan neraka, pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya kiamat. (dikatakan kepada malaikat) ‘”Masukan Fir’aun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras.” (QS Ghafir: 46)Itulah dia penjelasan singkat dari alam kubur atau alam barzah. Sudah kewajiban bagi kita untuk senantiasa bertaqwa dan beramal baik agar bisa membawa bekal yang cukup ketika dipanggil oleh yang maha kuasa. Selalu jaga iman dan perbanyak perbuatan sholeh. Bila Anda membutuhkan taman pemakaman sesuai dengan syariat Islam, maka Taman Pemakaman Islam Al-Azhar Memorial Garden bisa menjadi pilihan Anda. Kunjungi website kami sekarang juga.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait