7 Keutamaan dan Keistimewaan Mati Syahid

24 September 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

keistimewaan mati syahid

Bagi Anda umat Islam yang mengetahui keutamaan mati syahid, pasti ingin meninggal dalam keadaan syahid. Terdapat berbagai keutamaan dan keistimewaan yang dapat dirasakan. Apa saja keutamaan dan keistimewaan mati syahid? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

7 Keutamaan Mati Syahid

Dalam satu hadits, disebutkan bahwa orang yang mati syahid akan mendapatkan 7 keutamaan, yakni:

  1. Diampuni (seluruh dosanya) pada saat awal terbunuhnya.
  2. Diperlihatkan di dunia tempatnya di surga.
  3. Selamat dari fitnah kubur.
  4. Diselamatkan dari hari yang sangat mencekam (Hari Kiamat).
  5. Akan dipasangkan di atas kepalanya sebuah mahkota kebesaran dari Yaquut yang nilainya lebih besar daripada dunia dan seisinya.
  6. Akan dinikahkan dengan 72 bidadari.
  7. Akan diperbolehkan memberikan syafaat bagi 70 anggota keluarganya di akhirat kelak.

Menurut Ar-Raghib Al-Ashfahani, keutamaan seseorang yang mati syahid adalah dapat melihat para malaikat turun kepada mereka dan berkata:

“Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu bersedih hati; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan kepadamu” (QS. Fushshilat, 41:30).

Kemudian dalam surat Al-Hadid, 57:19 berbunyi:

“Ketika seseorang merasakan sakaratul maut, mereka dapat menyaksikan berbagai macam kenikmatan akhirat yang telah dijanjikan Allah kepada mereka”

Keutamaan dalam mati syahid semakin diperkuat dalam QS. Ali ‘Imran, 3: 169 yang berbunyi:

“Dari mereka juga diperlihatkan bahwa ruhnya tetap hidup dan berada di sisi Allah”

Namun ada satu hal yang tetap tidak bisa dimaafkan ketika meninggal dunia, yaitu utang. Utang adalah kewajiban yang wajib dibayarkan dan dituntaskan setiap insan. Penjelasan tentang utang ini diperkuat hadits:

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ يُغْفَرُ لِلشَّهِيدِ كُلُّ ذَنْبٍ إِلَّا الدَّيْنَ (رواه مسلم)

Dari Abdullah bin ‘Amru bin ‘Ash, bahwa Rasulullah Saw. bersabda: “Seorang yang mati syahid akan diampuni segala dosa-dosanya, kecuali hutang” (HR. Muslim).

Kriteria Mati Syahid

Ada beberapa kriteria mati syahid yang perlu diketahui oleh seluruh umat Islam. Apa saja kriterianya?

حَدَّثَنِي زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ حَدَّثَنَا جَرِيرٌ عَنْ سُهَيْلٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا تَعُدُّونَ الشَّهِيدَ فِيكُمْ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ مَنْ قُتِلَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَهُوَ شَهِيدٌ قَالَ إِنَّ شُهَدَاءَ أُمَّتِي إِذًا لَقَلِيلٌ قَالُوا فَمَنْ هُمْ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ مَنْ قُتِلَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَهُوَ شَهِيدٌ وَمَنْ مَاتَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَهُوَ شَهِيدٌ وَمَنْ مَاتَ فِي الطَّاعُونِ فَهُوَ شَهِيدٌ وَمَنْ مَاتَ فِي الْبَطْنِ فَهُوَ شَهِيدٌ قَالَ ابْنُ مِقْسَمٍ أَشْهَدُ عَلَى أَبِيكَ فِي هَذَا الْحَدِيثِ أَنَّهُ قَالَ وَالْغَرِيقُ شَهِيدٌ (رواه مسلم)

“Telah menceritakan kepadaku Zuhair bin Harb, telah menceritakan kepada kami Jarir dari Suhail dari ayahnya dari Abu Hurairah dia berkata, Rasulullah saw bersabda: Apa yang dimaksud orang yang mati syahid di antara kalian? Para sahabat menjawab, Wahai Rasulullah, orang yang mati terbunuh karena berjuang di jalan Allah itulah orang yang mati syahid. Beliau bersabda: Kalau begitu, sedikit sekali jumlah ummatku yang mati syahid. Para sahabat berkata, Lantas siapakah mereka wahai Rasulullah?

Beliau bersabda: Barangsiapa terbunuh di jalan Allah maka dialah syahid, dan siapa yang mati di jalan Allah juga syahid, siapa yang mati karena suatu wabah penyakit juga syahid, siapa yang mati karena sakit perut juga syahid. Ibnu Miqsam berkata, Saya bersaksi atas bapakmu mengenai Hadits ini, bahwa beliau juga berkata, orang yang meninggal karena tenggelam juga syahid” (HR. Muslim)

  1. Orang yang terbunuh di jalan Allah
  2. Orang yang mati di jalan Allah
  3. Orang yang terus berdoa agar mati di jalan Allah
  4. Orang yang mati karena wabah penyakit
  5. Orang yang mati karena penyakit dalam perut
  6. Orang yang mati tenggelam
  7. Orang yang mati tertimpa benda keras
  8. Orang yang mati terbakar
  9. Wanita yang mati karena kehamilan
  10. Orang yang mati karena membela atau mempertahankan hartanya
  11. Orang yang mati karena membela agama

Jadi itulah penjelasan tentang keistimewaan mati syahid. Jika Anda membutuhkan bantuan kavling makam, Al Azhar Memorial Garden telah menyediakan taman pemakaman berdasarkan syariat Islam dan dikelola secara profesional. Klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait