7 Hari Setelah Kematian Menurut Islam. Apa yang Akan Terjadi?

28 September 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

7 hari setelah kematian menurut islam

Banyak yang mengatakan jika arwah orang yang sudah meninggal masih ada diantara keluarga dalam 7 hingga 40 hari. Sehingga diadakan kegiatan tahlilan untuk mendoakan orang yang sudah meninggal tersebut. Namun, hal ini sebenarnya adalah pemahaman yang salah. Lalu apa yang sebenarnya terjadi dalam 7 hari setelah kematian menurut Islam?

7 Hari Setelah Kematian Menurut Islam

Arwah atau ruh seseorang yang baru saja meninggal akan pergi ke alam barzah. Di alam ini, mereka akan menunggu sampai hari kiamat tiba lalu pergi ke padang mahsyar. Mempertanggungjawabkan segala sesuatu yang sudah dilakukan di dunia. Jadi tidak bisa dibilang benar jika arwah seseorang yang sudah meninggal akan ada di sekitar kita hingga 40 hari, karena akan langsung menuju alam barzah.

Ada banyak hadits-hadist batil atau lemah yang menyatakan bahwa ruh akan berkeliling di dunia. Sebagai muslim, kita harus bisa paham bahwa ini bukanlah hal yang benar. Ruh tidak akan bisa kembali ke dunia. 

حَتَّى إِذَا جَاءَ أَحَدَهُمُ الْمَوْتُ قَالَ رَبِّ ارْجِعُونِ (99 ) لَعَلِّي أَعْمَلُ صَالِحًا فِيمَا تَرَكْتُ كَلَّا إِنَّهَا كَلِمَةٌ هُوَ قَائِلُهَا وَمِنْ وَرَائِهِمْ بَرْزَخٌ إِلَى يَوْمِ يُبْعَثُونَ

(Demikianlah Keadaan orang-orang kafir itu), hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, Dia berkata: “Ya Tuhanku kembalikanlah aku (ke dunia), (99 ) agar aku bisa berbuat amal yang saleh yang telah aku tinggalkan. sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah Perkataan yang dia ucapkan saja. dan di hadapan mereka ada dinding sampai hari mereka dibangkitkan(100). [QS. Al-Mukminun: 99 – 100].

Setiap ruh orang yang sudah meninggal akan di sibukan dengan balasan yang sudah dijanjikan oleh Allah atas apa saja yang sudah mereka perbuat di dunia ini. Ruh orang yang beriman akan mendapatkan balasan yang baik, sedangkan ruh orang kafir, munafik dan fasik akan mendapatkan balasan yang buruk sesuai apa yang sudah mereka lakukan semasa hidup di dunia.

Baca juga: 4 Amalan Penyelamat Siksa Kubur Yang Dapat Membantumu

Bertemu Ruh Orang yang Sudah Meninggal di Dalam Mimpi

Dengan kuasa dan izin Allah, kita akan bisa bertemu dengan ruh dari orang yang sudah meninggal di dalam mimpi.

اللَّهُ يَتَوَفَّى الْأَنْفُسَ حِينَ مَوْتِهَا وَالَّتِي لَمْ تَمُتْ فِي مَنَامِهَا فَيُمْسِكُ الَّتِي قَضَى عَلَيْهَا الْمَوْتَ وَيُرْسِلُ الْأُخْرَى إِلَى أَجَلٍ مُسَمًّى إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

“Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) ruh (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; Maka Dia tahanlah ruh (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan ruh yang lain sampai waktu yang ditetapkan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda- tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir.” [QS. Az-Zumar : 42]

Tidak akan ada ruh orang yang sudah meninggal untuk kembali ke dunia 7 hari setelah kematian menurut Islam. Tahlilan hanyalah sebuah tradisi yang baik untuk mendoakan orang yang sudah meninggal. Bukan berarti ruh tersebut hadir diantara kita. Itulah informasi yang bisa kami berikan mengenai hal yang satu ini. Semoga bisa membantu Anda dan umat muslim lainnya. Bila Anda membutuhkan taman pemakaman sesuai dengan syariat Islam, maka Taman Pemakaman Islam Al-Azhar Memorial Garden bisa menjadi pilihan Anda. Kunjungi website kami sekarang juga untuk mendapatkan berbagai informasi lainnya dan mulai berkonsultasi dengan kami.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait