4 Amalan Penyelamat Siksa Kubur Yang Dapat Membantumu

27 September 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

amalan penyelamat siksa kubur

Ada berbagai amalan penyelamat siksa kubur. Seluruh umat Islam pasti berharap agar bisa terhindar dari siksa kubur yang pedih. Anda bisa menghindarinya dengan melakukan berbagai amalan penyelamat siksa kubur yang penting. 

Keempat amalan ini sebenarnya sudah seharusnya dilakukan sejak awal dalam kehidupan sebagai seorang muslim. Apa saja amalan yang dimaksud? Mari membaca informasi selengkapnya di bawah ini.

Amalan Penyelamat Siksa Kubur yang Wajib Diketahui

Total ada empat amalan penyelamat dari siksa kubur yang dapat Anda lakukan mulai sekarang. Inilah keempatnya.

1. Beriman Kepada Allah SWT

Sebagai seorang muslim, Anda pasti wajib beriman kepada Allah SWT. Tentu saja hal ini juga terdiri dari mematuhi syariat-Nya dan mengikuti Rasulullah SAW serta para sahabat. Salah satu kajian menyebutkan bahwa orang-orang beriman akan dilapangkan kuburannya seluas pandangan mata. 

Anda bisa beriman dan bertauhid kepada Allah SWT. Selain itu perlu untuk beramal sholeh sebagai sumber pertama penyelamat.

Baca juga: 5 Hikmah Beriman Kepada Hari Kiamat

2. Mengamalkan Isi Al-Qur’an

Salah satu penyebab siksa kubur yang paling utama adalah tidak mau mengamalkan isi Al-Qur’an semasa hidupnya. Coba Anda berkaca dengan diri sendiri. Apakah pada hari ini, Anda sudah mengamalkan isi Al-Qur’an? Apakah hidup Anda sudah perlahan-lahan balik ke jalan yang seharusnya?

Jika Anda mengamalkan isi Al-Qur’an sejak dini, maka hal ini dapat membantu diri sendiri ketika meninggal dunia agar selamat dari siksa kubur. Ingat, harapan untuk bisa mati dalam keadaan husnul khotimah atau dalam keadaan yang baik tidak akan bisa dicapai jika kembali ke jalan-Nya.

Baca juga: Apa Arti Husnul Khotimah? Dan Cara Agar Meninggal Husnul Khotimah

3. Rutin Membaca Surat Al-Mulk

Ada beberapa kajian yang menunjukkan pentingnya surat Al-Mulk ini. Riwayat ini menyatakan bahwa surat Al-Mulk dapat menolong pembacanya dari api neraka dan siksa kubur. 

Di dalam riwayat An-Nasa’i dijelaskan bahwa orang-orang yang membaca tabarakalladzi biyadihil mulku (Surat Al-Mulk) pada setiap malam akan terhindar dari azab kubur: سورة تبارك هي المانعة من عذاب القبر .

Itulah mengapa dalam sebuah kajian dijelaskan untuk umat Islam agar mau menghafalkan surat Al-Mulk. Bahkan jangan ragu untuk membacanya dengan cara dicicil. Contohnya seperti 10 ayat pertama surat Al-Mulk dibaca ketika sholat qabliyah Zuhur. Kemudian 10 ayat kedua dan ketiga dibaca saat sholat Ashar dan Maghrib. Ketika Anda melengkapi sampai 30 ayat pada akhir malam, maka sudah cukup untuk menyelamatkan diri dari siksa kubur.

4. Selalu Berdoa

Apa aktivitas seorang umat beragama yang penting dan tidak mungkin dilupakan? Tentu saja jawabannya adalah berdoa. Anda dapat berdoa untuk meminta perlindungan dari siksa kubur. Doa ini dapat dibacakan sebelum melakukan salam ketika sedang menunaikan sholat, lebih tepatnya dibaca setelah mengucapkan innaka hamidun majid

Kemudian ada dua jenis doa yang bisa dibaca sebelum salam. Salah satu doanya adalah:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذَ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ ومن عذاب النار،  وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا الْمَمَاتِ وَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَالِ 

Allohumma inni a’udzu bika mina ‘adzabil qabri wa min ‘adzabin nari wa min fitnatil mahya wal mamati wa min fitnatil masihid dajjal.

Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari siksa kubur dan siksa api neraka, dan fitnah mereka yang hidup dan fitnah mereka yang mati, serta fitnah Masih dan Dajjal.

Jadi itulah amalan penyelamat siksa kubur yang dapat Anda lakukan mulai sekarang juga. Kematian yang sudah didapatkan manusia membuat Anda juga harus mempersiapkan kavling makam untuk mempersiapkan diri. Al Azhar Memorial Garden telah menyediakan taman pemakaman berdasarkan syariat Islam dan dikelola secara profesional. Klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait