Inilah 3 Hal yang Menemani di Alam Kubur

29 December 2021 by no comments Posted in artikel

3 hal yang menemani di alam kubur

Sepanjang apapun umur kita, setiap orang tetap akan berhenti pada suatu waktu dimana ajal menjemput. Saat waktunya tiba, Allah SWT akan mengirimkan utusannya untuk menemui kita dan mengantarkan roh kita kehadapannya. Kenyataannya, tidak ada satu orang pun yang bisa menghindari masa kematian, karena Allah SWT sudah menentukannya sedemikian rupa. Pada waktu itu datang, semua orang yang kita kenal dan semua harta yang kita punya, tidak akan bisa menemani kita di alam kubur. Hanya ada 3 hal yang menemani di alam kubur. Ketiga hal inilah yang akan kita bahas pada artikel ini.

Apa Saja 3 Hal yang Menemani di Alam Kubur?

Keluarga, kerabat dan teman hanya akan mengantarkan mayat sampai ke kubur. Saat mayat sudah masuk ke dalam kubur, maka hanya 3 hal yang menemani di alam kubur. 3 hal ini adalah amal jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak saleh yang selalu mendoakannya. Semua ini berjalan lurus dengan apa yang dikatakan oleh Rasulullah SAW;

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak yang saleh yang selalu mendoakannya.” [HR. Muslim]

1. Amal Jariyah

Amal jariyah adalah perbuatan kebajikan yang kita lakukan selama kita hidup di dunia.tidak peduli besar atau kecil perbuatan yang kita lakukan. Tidak peduli apakah perbuatan kita dilihat oleh orang lain atau tidak. Jika kita melakukan semuanya atas dasar kita bertakwa kepada Allah SWT maka perbuatan-perbuatan tersebut menjadi pahala yang akan selalu ada dan menyertai kita hingga ke alam kubur. 

Amal jariyah yang dimiliki seseorang berguna untuk melipat gandakan pahala serta menghapus kesalahan dan dosa. Melipat gandakan pahala yang dimaksudkan tertulis dalam Al-Baqarah ayat 261 yang artinya “Perumpamaan orang-orang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada tiap-tiap tangkai:tumbuh seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al- Baqarah: 261). 

Lalu menghapus kesalahan dan dosa yang dimaksudkan tertulis dalam Al-Baqarah ayat 271 yang artinya “Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al- Baqarah: 271)

2. Ilmu yang Bermanfaat

Yang dimaksud ilmu bermanfaat yang adalah ilmu yang bermanfaat untuk membantu mengarahkan orang lain kepada ketakwaan kepada Allah SWT dan bukan yang mengarahkan orang kepada kefasikan. Ilmu yang bermanfaat bagi orang lain tidak hanya ilmu yang bersangkutan dengan agama, melainkan juga ilmu lainnya yang mendorong seseorang untuk bertakwa kepada Tuhan. 

Misalnya prinsip-prinsip hidup, nasihat dan bantuan yang kita berikan saat ada yang kesusahan. Mungkin perbuatan ini terkesan tidak spiritual, tetapi orang yang menerima berkat dari kita akan memanjatkan rasa syukurnya kepada Tuhan. Orang tersbut kembali lagi mencari Tuhan karena semua kebaikan yang telah diterimanya. 

3. Anak Saleh yang Selalu Mendoakan

Jika Anda dikaruniai anak, Anda pasti akan berusaha untuk memberikan semua yang Anda bisa berikan untuk membesarkan anak Anda dengan baik dan soleh. Jika didikan yang Anda dan pasangan berikan membantu dan mendorong mereka menjadi orang yang baik dan berguna. 

Baca Juga: Cara Mengirim Doa Yasin untuk Orang yang Sudah Meninggal

Selain itu didikan mengenai Allah SWT, dimana orang tua mengajarkan kepada mereka untuk bertakwa hanya kepada Tuhan saja. Jika didikan orang tua berhasil, niscaya nama Anda sebagai orang tua akan selalu disebut dalam doa anak Anda. Doa dari anak Andalah yang akan terus menemani Anda di alam kubur. 

Demikian penjelasan mengenai 3 hal yang menemani di alam kubur. Bagaimana? Apakah sekarang Anda menyadarinya bahwa uang dan harta yang kita miliki bukanlah segalanya di dalam hidup kita. Kebajikan dan kemurahan yang kita lakukanlah yang akan menemani kita saat nanti ajal menjemput. 

Oleh karena itu kita harus bersiap-siap dengan berlaku yang baik dan yang menguntungkan bagi orang lain. Namun Anda juga bisa mempersiapkan hari di mana kematian datang, dengan membeli kavling makam di Makam Modern Al-Azhar Memorial Garden.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *
*

Related Story