12 Alasan Mengapa Memilih Kavling Pemakaman di Al-Azhar Memorial Garden

9 September 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

pemakaman islam

Al-Azhar Memorial Garden merupakan taman pemakaman berbasis syariah pertama di Indonesia yang dikelola secara profesional, sehingga menjadi salah satu taman pemakaman Islam terbaik di daerah Karawang. Dengan segala kelengkapan fasilitas serta layanan yang berkualitas, tentunya tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak memilih Al-Azhar Memorial Garden sebagai tempat peristirahatan terakhir yang nyaman.

Namun jika Anda masih merasa ragu, berikut beberapa kelebihan menarik lainnya yang dimiliki oleh Al-Azhar Memorial Garden.

1. Khusus Untuk Muslim

Al-Azhar Memorial Garden adalah pemakaman yang dikhususkan untuk muslim, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan bercampur dengan pemakaman non muslim. Hal tersebut juga sejalan dengan syariat Islam yang melarang untuk menyatukan pemakaman muslim dengan non muslim.

Seperti yang disebutkan dalam hadist dari Basyir, pembantu dari Rasulullah, beliau bercerita:

  مَرَّ ثُمَّ ،ثَلاَثًا (كَثِيرًا خَيْرًا هَؤُلاَءِ سَبَقَ لَقَدْ) :فَقَالَ الْمُشْرِكِينَ بِقُبُورِ مَرَّ وسلم عليه اللهصلى اللَّهِ رَسُولَ أُمَاشِي أَنَا بَيْنَمَا (كَثِيرًا خَيْرًا هَؤُلاَءِ أَدْرَكَ لَقَدْ) :فَقَالَ الْمُسْلِمِينَبُورِبِقُ

Artinya: Ketika saya sedang berjalan bersama Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, kami melewati kuburan orang musyrikin. Lalu beliau bersabda, “Sungguh mereka telah melewati banyak keburukan (di dunia),” sebanyak tiga kali. Kemudian beliau melewati kuburan kaum muslimin, lalu berkata, “Sungguh mereka telah melewati banyak kebaikan (di dunia).”

Menurut Ibnu Hazm, berdasarkan hadist tersebut, maka pemakaman muslim haruslah dipisahkan dengan pemakaman non muslim.

2. Dikelola YPI Al-Azhar

Al-Azhar Memorial Garden merupakan kavling pemakaman khusus muslim yang sudah dikelola dengan profesional oleh unit usaha Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar sejak tahun 2011. Pemakaman tersebut dibangun untuk melayani umat muslim yang ingin dimakamkan sesuai dengan syariat Islam, sekaligus juga sebagai sarana sosialisasi kepada masyarakat mengenai bagaimana cara menguburkan jenazah yang baik dan benar sesuai anjuran agama.

3. Menyediakan Ustadz

Sebagai salah satu kelengkapan fasilitas, Al-Azhar Memorial Garden juga sudah menyediakan ustdaz khusus yang akan membimbing dan melayani Anda selama prosesi pemakaman, mulai dari memandikan jenazah hingga mengantarkannya sampai dengan peristirahatan terakhir, sehingga para kerabat bisa mengikuti prosesi pemakaman yang sesuai etika Islam dengan lancar.

4. Lokasi Strategis

Berlokasi di Karawang Timur, tepatnya di pinggir jalan tol Jakarta-Cikampek, membuat Al-Azhar Memorial Garden memiliki akses cepat tol layang dan hanya berjarak sekitar sepuluh menit saja dari exit tol Karawang Timur. Tempatnya yang strategis tersebut sangat mudah dijangkau, terutama jika Anda ingin datang berkunjung untuk berziarah.

5. Memiliki Sertifikat Arah Kiblat

Menghadapkan jenazah ke arah kiblat merupakan tradisi muslim yang sudah dilakukan sejak jaman Rasulullah. Karena itu, untuk mendapatkan arah kiblat yang akurat dan sebenar-benarnya, Al-Azhar Memorial Garden sudah memiliki sertifikat arah kiblat yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama, sehingga menjadi jaminan kepastian posisi makam yang sesuai dengan syariat.

6. Menyediakan Layanan dan Fasilitas Terbaik

Dengan layanan yang berkualitas, Al-Azhar Memorial Garden akan membantu Anda untuk menyiapkan makam dan melayani Anda selama prosesi pemakaman, mulai dari memandikan, mengkafani, menunaikan shalat jenazah, sampai dengan memberangkatkan jenazah ke lokasi. Selain itu, Al-Azhar Memorial Garden juga menyediakan fasilitas yang lengkap berupa masjid, parkiran yang luas, toilet, pemandangan padang rumput yang asri, lounge, playground, dan lain sebagainya.

7. Menyediakan Walkaway Track

Dalam agama Islam, dianjurkan untuk tidak melangkahi, menginjak, atau menduduki makam agar tidak menyakiti penghuninya. Karena itu, Al-Azhar Memorial Garden menyediakan walkaway track yang akan memudahkan pengunjung untuk berziarah tanpa harus mengganggu tempat peristirahatan penghuni lain.

8. Memiliki Landscape Indah

Dengan konsep taman yang tampak asri dan bersih, kesan pemakaman tak lagi menyeramkan, berbeda dengan taman pemakaman umum yang seringnya tampak tidak teratur, berhimpitan, atau berantakan. Dengan landscape yang luas dan hijau, Al-Azhar Memorial Garden akan membuat para pengunjung, terutama anak-anak, merasa nyaman dan senang ketika datang untuk berziarah.

9. Perawatan Rutin

Hampir setiap hari, area kavling pemakaman di Al-Azhar Memorial Garden selalu dilakukan perawatan secara rutin agar tidak ada sampah, rumput liar, atau daun kering yang berserakan. Hal tersebut bertujuan supaya makam selalu tertata rapi, bersih, dan tenang sehingga Anda bisa datang untuk berziarah kapan pun dengan perasaan nyaman.

10. Lokasi yang Tertata

Area pemakaman di Al-Azhar Memorial Garden ditata dengan serapi dan seteratur mungkin. Selain itu, setiap makam akan disertai dengan nomor alamat yang jelas dan mudah ditemukan, sehingga Anda tidak perlu merasa takut makam akan hilang atau tertukar dengan makam orang lain, sebab setiap satu makam dikhususkan hanya untuk satu orang saja.

11. Menyediakan Sertifikat Pemanfaatan Lahan Makam

Setiap pembeli makam di Al-Azhar Memorial Garden akan mendapatkan sertifikat pemanfaatan lahan makam dari Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar. Tanpa memegang sertifikat tersebut, biasanya lahan makam di pemakaman umum dapat digunakan dan ditumpuk oleh makam lain. Namun jika Anda memiliki sertifikat tersebut, lahan makam Anda akan lebih terjamin dan sudah bisa dipastikan tidak akan hilang atau ditumpuk dengan makam lainnya.

12. Bebas Biaya Pemeliharaan

Pembelian lahan di Al-Azhar Memorial Garden merupakan one time payment, yang artinya Anda hanya akan diwajibkan membayar sekali saja di muka. Setelahnya, Anda akan dibebaskan selamanya dari biaya pemeliharaan makam yang mencakup pemotongan rumput, pembersihan, hingga penyiraman lahan.

Itu dia beberapa kelebihan menarik yang ditawarkan di Al-Azhar Memorial Garden. Sebagai tempat peristirahatan terakhir, tentunya tidak ada salahnya jika Anda ingin memberikan penghormatan terbaik untuk orang-orang yang dicintai.

Nah, jika merasa tertarik untuk membeli lahan di Al-Azhar Memorial Garden, Anda bisa mendatangi kantor pemasaran kami di Kindo Square, Blok B4, Jl. Duren Tiga Raya No. 101, Jakarta Selatan.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait